Bandung, 09 Juni 2022,– Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr. Hanla., mendampingi Kadispotmaral Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi A.S., S.T., S.Sos., M.M., menutup Pelatihan Budidaya Udang Vaname kepada masyarakat pesisir Tahun 2022 dalam rangka penyelenggaraan ketahanan pangan masyarakat pesisir tahun 2022 bertempat di Dusun Bojong Salawe, Desa Karang Jaladri, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, Kamis (09/06).

Dalam sambutannya Komandan Lanal Bandung mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terkait atas kerjasamanya dalam kegitan  pelatihan dan budidaya tambak udang vaname tahun  2022. Kegitan latihan budidaya tambak udang vaname di Posal Pangandaraan yang merupakan wilaya kerja Lanal Bandung tahun 2022 ini yang melibatkan peserta yang terdiri dari anggota Lanal Bandung dan masyrakat, yang sebelumnya telah melaksanakan pelatihan selama 2 (dua) hari, para peserta telah menerima pelajaran yang diberikan oleh Dinas Kelautan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahan Pangan Kabupaten Pangandaran.

Selama 2 (dua) hari kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan bagi para prajurit dan masyarakat mengenai cara budidaya  hasil laut udang vaname yang baik dan benar, sehingga diharapkan dalam pengembangan budidaya hasil laut udang vaname akan lebih meningkat dan mengurangi angka kegagalan, yang akhirnya dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar, guna meningkatkan taraf hidup yang lebih sejahtera.

Sesaat lagi kita akan melaksanakan tebar benih udang vaname sebagai praktek lapangan. Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat besar dengan kekayaan keanekaragaman hayati dan ekosistem yang melimpah termasuk didalamnya potensi perikanan dan hasil laut seperti halnya udang vaname. Udang vaname tersebut menjadi salah satu komoditas unggulan karena selain memiliki pasar yang luas dan didukung juga oleh investor yang banyak, sehingga budidaya udang vaname ini sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Pada kesempatan tersebut, Kadispotmaral Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi A.S., S.T., S.Sos., M.M., mengatakan bahwa pelatihan budidaya ikan jelawat dan ikan nila, pelatihan budidaya udang windu serta pelatihan budidaya udang vaname yang sekaligus menjadi penutup dan diakhirinya rangkaian kegiatan pelatihan ketahanan pangan masyarakat pesisir Tahun 2022, dengan rasa syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena pelatihan yang telah dilaksanakan telah berjalan dengan baik dan lancar. Para peserta pelatihan telah melaksanakan setiap tahapan pelatihan dengan sungguh-sungguh dan seluruh kemampuan telah ditampilkan secara optimal sehingga pelatihan berjalan sesuai dengan harapan, saya memahami bahwa suksesnya penyelenggaraan pelatihan ketahanan pangan masyarakat pesisir Tahun 2022 ini terkait erat dengan semangat dedikasi, kekompakan dan rasa kebersamaan yang tinggi dari semua peserta pelatihan.