Bandung, 26 Januari 2022,РPosal Pangandaran bersama BPBD Kab. Pangandaran melaksanakan kegiatan Jambore Disaster Responder Relawan Se-Kab. Pangandaran di Lapangan Gubung Tumpeng Dsn. Sanghiangkalang Ds. Batukaras Kec. Cijulang Kab. Pangandaran, Rabu (26/01). Kegiatan Jambore Disaster Responder Relawan berlangsung selama 3 hari dari tanggal, 24 s.d 26 Januari  2022.

Dalam kegiatan tersebut Posal Pangandaran ditunjuk sebagai Tim Juri bersama BPBD Provinsi Jawa Barat dalam pelaksanaan penilaian lomba-lomba rangkaian kegiatan Jambore Disaster Responder Relawan Se-Kab. Pangandaran.

Wakil Bupati Pangandaran selaku Pembina Upacara pembukaan, menyampaikan bahwa sebagai warga Pangandaran sangat bersyukur dengan berlimpahnya rezeki dari berbagai sumber mata pencaharian, namun demikian kabupaten Pangandaran memiliki resiko tinggi bencana. Tahun 2006 kita mengalami bencana tsunami dengan korban mencapai 600 orang baik itu luka ataupun meninggal.

Keberadaan Jambore ini lebih utamanya adalah menanggulangi bencana serangan dari pihak luar yang mengancam keamanan bangsa Indonesia. Apa yang kita lakukan saat ini adalah mitigasi untuk mengurangi resiko bencana dan dengan di imbangi melalui pembangunan infrastruktur daerah. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat diserap oleh para peserta sehingga disaat terjadinya bencana maka kita sudah memiliki ahli-ahli relawan yang propesional. Dengan dilengkapinya relawan dan seluruh stokholder pendukung tanggap bencana  maka para wisatawan yang menuju Pangandaran akan merasa aman dan nyaman.